megatrussglobal - Baja ringan | Galvalum. Diberdayakan oleh Blogger.

BAJA RINGAN - GALVALUM TECHNOLOGY

Megatruss Global

Sabtu, 25 Juni 2016

Tag: ,

Mempelajari konstruksi atap baja ringan / galvalum


Konstruksi rangka atap merupakan Suatu bentuk konstruksi yang berfungsi untuk menyangga kontruksi atap yang terletak diatas kuda – kuda tersebut. Pada intinya, atap merupakan bagian paling atas bangunan yang memberikan perlindungan bagian bawahnya terhadap cuaca baik panas maupun hujan. Fungsi rangka atap yang lebih spesifik adalah menerima beban oleh bobot sendiri, yaitu beban kuda – kuda dan bahan pelapis berarah vertikal kemudian meneruskannya pada kolom dan pondasi, serta dapat berfungsi untuk menahan tekanan angin muatan yang berarah horizontal.
Atap yang sudah biasa ditemuai dirumah – rumah di Indonesia pada umumnya menggunakan konstruksi kayu. belakangan ini marak penyedia konstruksi atap berbahan baja ringan. Untuk kedua konstruksi atap baik itu konstruksi atap baja ringan maupun kayu memiliki kelebihan masing – masing.

Berikut ini kami mengulas sekilas tentang perbandingan keduanya.
Struktur kuda – kuda baja ringan memiliki dimensi yang lebih tipis dibanding dengan kayu, mulai dari ketebalan 0,65 mm hingga 1 mm. Baja ringan termasuk jenis baja yang dibentuk setelah melalui proses dingin ( Cold Form Steel ). rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan atap baja ringan dan konstruksi sipil. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Ketebalan baja ringan untuk rangka atap yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4 – 1 mm.
Perhitungan kuda – kuda baja ringan amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda – kuda akan semakin pendek. Misalkan bila genteng memiliki bobot 40 kg / m2, jarak kuda – kuda atap baja ringan bisa dibuat menjadi 1.4 m. Sementara bila genteng memiliki bobot 7,5 kg / m2, maka jarak kuda – kuda atap baja ringan menjadi 1.2 m.

Namun atap baja ringan dengan atap kayu tidak bisa dibandingkan begitu saja karena masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta segi ekonomis yang berbeda – beda.
Pekerjaan rangka atap baja ringan merupakan pekerjaan merakit dan memasang struktur atap berupa rangka baja ringan yang dibentuk dan dilapisi anti karat. Rangka baja ringan berbentuk segitiga, trapesium dan persegi panjang terdiri dari :
  1. Rangka utama atas ( top chord )
  2. Rangka utama bawah ( bottom chord )
  3. Rangka pengisi ( web ). seluruh rangka tersebut disambung menggunakan baut menakik sendiri ( self drilling screw ) dengan jumlah yang cukup.
  4. Rangka reng ( roof batten / top span ) langsung dipasang diatas struktur rangka atap utama dengan jarak sesuai ukuran jarak genteng.
Untuk pekerjaan rangka atap baja ringan meliputi :
  1. Pengukuran bentangan bangunan sebelum dilakukan fabrikasi
  2. Pekerjaan pembuatan kuda – kuda dikerjakan di workshop permanen ( Fabrikasi )
  3. Pengiriman kuda – kuda dan bahan lain yang terkait proyek
  4. Penyediaan tenaga kerja beserta mempersiapkan alat / bahan lain yang dibutuhkan pada saat pengerjaan
  5. Pekerjaan pemasangan seluruh rangka atap kuda – kuda meliputi struktur rangka kuda – kuda ( truss ), balok tembok ( top plate / murplat ), reng, ikatan angin dan bracing ( ikatan pengaku )
  6. Pemasangan jurai dalam ( valley gutter )

About Anita Rahma

MEGATruss global[Engineering, Baja ringan / Galvalum, Plafon, Partisi, gypsum, GRC, Bata Ringan]

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads