Penyebab Konstruksi galvalum / baja ringan roboh

Beberapa waktu lalu ada berita tentang robohnya atap sekolah, dimana sekolah tersebut menggunakan kontruksi rangka baja ringan. Rangka baja ringan telah lulus uji laboratorium sehingga layak dan aman digunakan sebagai rangka atap menggantikan kayu.

Berikut kami informasikan beberapa kesalahan kontruksi baja ringan yang mengakibatkan robohnya atap :
  1. Kesalahan Perencanaan.
    Gambar dan spesifikasi yang kurang lengkap system struktur yang di pilih rentan kerusakan (misalkan perhintungan rangka atap baja ringan menggunakan penutup genteng metal tetapi menggunakan genteng keramik). 
  2. Kesalahan Pelaksanaan.
    Misalnya kecelakan alat, pelaksanaan atau metode pelaksanaan tidak sesuai dengan perencanaan, atau dengan sengaja merubah sepesifikasi untuk mendapatkan keuntungan yang besar. 
  3. Material yang berkualitas rendah.
    Meskipun contoh material telah lolos uji laboratorium dan spesifikasi teknis yang ada telah terpenuhi tetapi ada juga material yang cacat yang tidak terdeteksi dan di ketahui setelah terjadi kegagalan. 
  4. Kesalahan Pemakaian.
    Beban yang di tanggung tidak sesuai dengan perencanaan. Misalnya pemasangan alat pemanas air (water heater) tenaga surya ataupun aksesoris yang berlebihan.

Untuk memasang rangka atap baja ringan di butuhkan keterampilan dan kompetensi, karena setiap material memerlukan perlakuan yang berbeda. Bahan beton, kayu dan baja tidak bisa disamakan. Tukang kayu tidak bisa langsung memasang baja ringan, begitu pula sebaliknya. 

Karena fungsi struktur rangka atap sangat vital yaitu sebagai peyangga beban di atasnya maka dari itu anda harus yakin dan pasti memilih tukang atap baja ringan (aplikator) yang bisa bekerja dengan benar, memasang rangka atap baja ringan sesuai dengan kaidah-kaidah struktur bangunan . 

Berikan pengawasan agar pemasangan dilakukan dengan baik dan benar dan penghuni mendapatkan kenyamanan. Jika adalah masalah segera complain dengan baik dan sopan agar secepatnya diselesaikan, kedua belah pihak terbuka untuk berkomunikasi untuk menyelesaikan complain. 

Segera hubungi pihak yang bersangkutan jika di temukan kejanggalan atau ketidak sesuaikan dengan perjanjian awal dalam pemasangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel