megatrussglobal - Baja ringan | Galvalum. Diberdayakan oleh Blogger.

BAJA RINGAN - GALVALUM TECHNOLOGY

Megatruss Global

Minggu, 09 Oktober 2016

Tag:

APA ITU TURBINE VENTILATOR ?


Turbine Ventilator adalah alat sejenis exhaust fan atau roof fan, dimana fungsi alat tersebut adalah menghisap udara panas, debu, dan juga berfungsi sebagai alat ventilasi atau sirkulasi udara.  Turbine Ventilator Otomatis tidak memakai tenaga listrik, bebas perawatan, dan dapat bekerja selama 24 jam sehingga jauh lebih efisien dibandingkan dengan exhaust fan dan roof fan.


MENGAPA TURBINE VENTILATOR  DIPERLUKAN ?

  • Telah terbukti mampu mengatasi masalah udara panas, pengap, dan kotor dari dalam ruangan serta mengurangi kelembaban.
  • Bebas biaya listrik (Operational Fee).
  • Bebas biaya perawatan (Maintenance Free).
  • Kuat dan Ringan.
  • Tidak berkarat dan tidak berisik.
  • Membuat ruangan kerja lebih nyaman (sirkulasi udara normal atau layak) sehingga dapat meningkatkan produktivitas karyawan.
  • Cocok untuk berbagai aplikasi jenis atap dan bagunan seperti Pabrik, Gudang, Ruang serbaguna, lapangan Futsal, Rumah tingga, Rumah Ibadah, Perkantoran, Rumah makan dan Lain-lain.


TURBINE VENTILATOR MENGATASI PANAS DAN LEMBAB PADA BANGUNAN :

Mungkin kita sering melihat Turbine Ventilator di atap bangunan gudang maupun rumah tinggal, tetapi mungkin juga kita sebenarnya kurang mengetahui apa sih sebenarnya Turbine Ventilator itu ? Dan apa kegunaannya ?

TURBINE VENTILATOR PADA ATAP BANGUNAN PABRIK :

Turbine ventilator merupakan alat yang tepat untuk sirkulasi udara yang baik, sehingga akan mencegah udara panas terperangkap dan menyebarkan radiasi panas dalam bangunan, serta mengatasi kelembaban, bau, dan pengap dalam bangunan. Turbin Ventilator adalah alat sirkulasi udara tanpa motor penggerak sehingga tidak memerlukan energi listrik,bebas biaya perawatan dan mampu bekerja selama 24 Jam non stop.

Turbine Ventilator dapat bergerak atau berputar dengan bantuan aliran udara atau angin dan juga dengan adanya perbedaan suhu antara dalam dan luar bangunan yang akan menyebabkan perbedaan tekanan udara. Rongga pada sirip-sirip Turbine Ventilator didesain untuk dapat menangkap setiap hembusan angin yang lewat, meski hanya angin kecil dapat memutar Turbine Ventilator tersebut. Udara panas akan naik ke atas dan akan menekan ke luar melalui sirip-sirip Turbine Ventilator.
Produk Turbine Ventilator yang baik terbuat dari bahan Alumuniumberkualitas atau bisa juga stainless steel sehingga anti karat. Selain itu harus terdapat laher yang presisi sehingga putaran turbin ventilator tidak menimbulkan suara berisik (Beberapa produk lama tidak mengunakan leher, hal ini terlihat jelas bentuk cerobong dan kepala terlihat seperti menyatu) Untuk menentukan jumlah Turbine Ventilator terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya antara lain :
  • Volume bangunan dalam meter kubik (Panjang x Lebar x Tinggi).
  • Jenis bangunan (apakah rumah tinggal, gudang, pabrik dan workshop kerja, gedung olah raga, garasi, dan lainnya), karena jenis bangunan menentukan rekondisi perubahan udara yang dibutuhkan.
  • Kecepatan angin untuk daerah setempat.
  • Posisi pemasangan Turbine Ventilator idealnya pada puncak atap bangunan, di bawah nok atap untuk menghindari kebocoran atap. Jarak antara Turbine Ventilator satu dengan yang lain direkomendasikan tidak kurang dari 3 meter. Selain itu usahakan untuk menempatkan Turbine Ventilator pada tempat yang aliran udaranya lancar dan tidak sejajar dengan dinding.
  • Yang terakhir perhatikan track record perusahaan seperti sudah berapa lama usaha itu berdiri, kantor atau tempat usaha yang jelas, izin-izin perusahaan (Berbadan hukum, memiliki sertifikat merek dan desain) dan memiliki team teknisi yang handal, agar semua investasi tidak sia sia.


BAGAIMANA CARA KERJA TURBINE VENTILATOR  ?

Turbine Ventilator akan berputar hanya dengan hembusan angin yang lemah sekalipun, tetapi juga mampu menahan angin berkecepatan tinggi. Berputarnya Turbine Ventilator juga disebabkan karena adanya perbedaan tekanan udara di dalam dan di luar ruangan, dimana secara alamiah udara panas di dalam ruangan akan mengalir dan menekan keluar melalui sirip-siripTurbine dan membuat  Turbine Ventilator Otomatisberputar. Dengan demikian ada atau tidak ada angin, Turbin Ventilator akan selalu berputar menghisap udara panas dalam ruangan

About Anita Rahma

MEGATruss global[Engineering, Baja ringan / Galvalum, Plafon, Partisi, gypsum, GRC, Bata Ringan]

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads